Inilah Kunci Sukses dalam Berdagang yang Paling Ampuh

Kesuksesan.info - Berdagang bukan cuman asal berdagang tetapi untuk menjamin keberhasilan itu perlu adanya upaya yang dilakukan agar kesuksesan itu semakin dekat. Ada banyak hal yang orang lain lakukan untuk menjadikan barang dagangannya sukses dipasaran.


Belajar dari orang yang sudah sukses merupakan salah satu cara agar cepat mendapatkan kunci kesuksesan dalam berdagang. Oleh karena itu, perlu anda perhatikan beberapa poin di bawah ini.

1. Kunci Sukses Orang Cina dalam Berdagang
  • Kerja keras
Kerja keras bagi pedagang Cina adalah kata ajaib yang mendorong kesuksesan dalam berdagang. Orang cina memang cenderung memilih berdagang karena tidak dibatasi ruang,waktu dan tempat.Selain bebas,kegiatan perdangan juga menyediakan ruang yang besar bagi seorang untuk mengembangkan kemampuannya. Jika ingin berhasil maka harus bekerja lebih keras dan lebih rajin.

Keberhasilan orang Cina bukan disebabkan keahlian mereka dalam bidang perdagangan melainkan hasil kerja keras, kesungguhan, keberanian, keyakinan, perencanaan, keringat, air mata, dan pengorbanan yang turut melibatkan seluruh anggota keluarga.
  • Menjadikan berdagang sebagai hobi
Sebagaimana kita ketahui kalau menjadikan pekerjaan sebagai hobi, maka sukses akan lebih mudah di dapat, karena apabila sebuah pekerjaan dikerjakan sepenuh hati maka akan lebih bersemangat mengerjakannya. Bagi orang cina, berdagang dapat dijadikan hobi,tapi bukan untuk mengisi waktu luang
.
  • Meningkatkan investasi
Orang Cina selalu berusaha meningkatkan investasi. Keuntungan yang diperoleh dibelanjakan untuk menambah modal kerja dan melakukan investasi.Uang digunakan untuk menghasilkan uang. Dengan meningkatkan investasi ini, maka bisnisnya akan selalu berkembang.

  • Bersikap baik di hadapan pelanggan

Orang Cina selalu pantang mengeluh di hadapan pelanggan, apalagi menunjukkan emosi negatif.Bersikap terbuka dan berlapang dada apabila menghadapi situasi sulit dan tetap fokus mencari jalan keluar.Sekadar pintar berdagang tidak memberikan hasil yang maksimal,harus didukung sikap agresif,proaktif,berani,tahan banting,semangat tinggi,dan rela berjuangan untuk merebut segala peluang yang ada.
  • Cepat Bertindak
Budaya orang Cina adalah mengutamakan kecepatan dalam bertindak.Orang Cina mengijinkan pelanggan membuat pilihan sendiri seperti memberi pelayanan baik,diskon maupun kredit.Dunia perdagangan penuh dengan persaingan keras dengan berbagai macam cara. Oleh karena itu pedagang harus mempersiapkan dirinya dengan seni ‘bela diri’ perdagangan untuk menghadapi serangan dalam bentuk apapun dan kemungkinan yang akan datang.
  • Bersaing secara positif
Bagi masyarakat Cina, pedagang dilarang mengganggu dan menjelek-jelekkan kegiatan perdagangan orang lain. Persaingan dibenarkan menurut nilai moral dan pertimbangan kemanusiaan. Pedagang yang tidak mematuhi etika ini akan terkena sangsi. Perbuatan menjatuhkan perdagangan orang lain dianggap sebagai tindakan yang menyalahi aturan. Sekali namanya sudah rusak, selamanya orang tidak akan mempercayainya lagi.
  • 7.Sabar
Orang Cina juga dikenal dengan kesabarannya. Kesabaran itu memang pahit, tapi buahnya sangat manis. Jika ketekunan digabungkan dengan tekad yang kuat dan diperkuat dengan kesebaran niscaya akan menjadi aset yang cukup berharga bagi siapa saja yang ingin melibatkan dirinya dalam perdagangan.

2. Kunci Sukses Nabi Muhammad SAW dalam Berdagang
  • Jujur di dalam Bisnisnya, Kejuran adalah syarat fundamental dalam berbisnis yang di lakukkan oleh RasullAllah Muhammad SAW. Beliau pernah melarang para pedagang untuk meletakkan barang Busuk/jelek di dalam dagangannya. dan beliau selalu memberikan barang sesuai dengan seadannya dan terbaik bagi Konsumennya.
  • Berprinsip pada nilai Illahi, Bisnis yang di lakukkan tidak terlepas dari pengawasan Tuhan. Dan menyadarkan manusia sebagai makluk Illahiyah (berTuhan).
  • Prinsip kebebasan Individu yang bertanggung Jawab, Bukan bisnis hasil dari Paksaan atau Riba. Yang menjerat kebebasan Individu.
  • Bertanggung Jawab, Bertanggung Jawab moral kepada Tuhan atas perilaku Bisnisnya maupun Orang lain/Partner Bisnisnya maupun Konsumennya.
  • Keadilan dan Keseimbangan, Keadilan dan keseimbangan sosial, bukan hanya keuntungan semata tetapi Kemitraan/bantu membantu di dalam bisnisnya (Win-Win-Solution)
  • Tidak hanya mengejar keuntungan, dan berorientasi untuk menolong orang lain, Atau WIN Win Solution.
  • Berniat baik di Bisnisnya, berniat baik adalah Aset Paling berharga oleh pelaku Bisnis selain untuk menjadi terbaik tapi bermanfaat bagi orang lain.
  • Berani mewujudkan Mimpi, RasullAllah dari seorang penggembala Kambing, berniat untuk mengubah hidupnya menjadi lebih baik lagi, menjadi pedagang, lalu Manager hingga beliau mewujudkan cita-citanya menjadi Owner (Pemilik perusahaan) dengan menikahi Siti Khadijah. Beliau adalah Enterprenur Cerdas.
  • Branding/Menjaga nama baik, RasullAllah selalu menggunakan cara ini sebagai Modal Utama, Track Record sebagai orang Terpercaya (Al Amin), Justru paling di cari dan siapapun ingin bekerja sama dengannya. Sifat inilah yang jarang diterapkan saat sekarang ini.

Itulah menurut saya Kunci Sukses dalam berdagang yang paling Ampuh. Mungkin ada tambahan dari para pembaca? silahkan tambahkan di kolom kementar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Enter Your Comment