8 Tips Sukses Berjualan di Tokopedia

Kesuksesan.info -  Tokopedia adalah salah satu situs penyedia jasa jual beli secara gratis dan terbesar di indonesia,selain gratiss situs tokopedia merupakan situs jual beli yang paling aman bagi pembeli,berbeda dengan situs lain yang menyedia pasang iklan gratis di situs mereka,di tokopedia memberi anda toko online fitur unggulan dari tokopedia adalah track penjualan setiap penjual,sehingga pengguna bisa mengetahui apakah penjual tersebut sudah pernah melakukan transaksi atau penjualan di situs ini,selain track penjualan di situs ini juga terdapat track/melacak pengiriman barang dari jne.



alasan utama kenapa orang memilih tokopedia sebagai tempat penjualan mereka adalah situs ini sudah menyiapkan semua fitur untuk pengguna menjual barang,sehingga bagi mereka yang baru memulai berjualan di internet sangat mudah mengerti,begitu juga buat anda yang masih belum ahli didalam jualan online,di situs ini berbagai pengaturan produk yang akan saya jelas sebentar lagi.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar hal menarik mengenai Tokopedia yaitu Tips Jitu meningkatkan Penjualan di Tokopedia, tentunya dari sobat-sobat yang buka toko online di Tokopedia banyak yang penasaran bagaimana sih cara meningkatkan penjualan di Tokopedia ?Tokopedia merupakan Marketplace besar yang didalamnya terdapat ribuan penjual/ribuan toko yang sama sama menjajakan barang dagangannya disana, menariknya di Tokopedia terdapat berbagai macam jenis barang yang di perjualbelikan mulai dari Fashion, aksesoris, elektronik, alat olah raga dan yang lainnya. Dalam satu jenis barang tersebut, terdapat beberapa penjual yang sama sama menjual barang itu yang tentunya kita sebagai penjual di Tokopedia harus bisa bersaing dengan mereka untuk meningkatkan penjualan produk kita.

Berjualan di Tokopedia itu unik karena kita sebagai penjual tidak dipungut biaya apapun atas transaksi penjualan yang terjadi, memang cara seperti ini mirip dengan situs Listing namun Tokopedia bertanggung jawab atas transaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli. Tokopedia juga memiliki fitur escrow atau rekenining bersama yang menjamin transaksi sehingga akan terhindar dari penipuan. karena faktor inilah banyak penjual yang berlomba-lomba menjajakan produknya di Tokopedia dengan berharap mendulang kesuksesan dari sana.
Menurut informasi banyak para penjual yang sudah sukses di tokopedia, mereka ada yang mendapatkan omzet puluhan juta hingga ratusan juta rupiah dari hasil "nebeng" di situs tersebut. apakah sobat tertarik ??


Lalu apa saja Tips Jitu untuk meningkatkan penjualan di Tokopedia, silakan simak tips-tips di bawah ini ya :

1. Siapkan Informasi Toko Anda

Ini adalah tips pertama bagi sobat yang ingin membuka toko online di Tokopedia karena keberhasilan dari toko atau jualan online adalah terletak pada tingkat kepercayaan pembeli terhadap toko anda, kepercayaan pembeli akan muncul salah satunya dari nama dan informasi toko anda, maka siapkanlah nama toko anda yang unik berbeda dari toko yang lainnya sehingga calon pembeli akan tertarik untuk mengunjungi toko anda. Begitu juga mengenai informasi toko, berilah informasi yang valid untuk toko anda, seperti Nama Toko yang jelas, Nama Anda sebagai penjual, Alamat Toko, No hp yang valid, deskripsi toko yang jelas dan yang lainnya.

2. Pakai Judul Produk yang Menarik

Ketika sobat ingin menambahkan produk yang dijual di Tokopedia, maka buatlah judul produk yang menarik dan detail sebagai contoh : misalnya sobat ingin menjual celana kolor maka jangan hanya menuliskan judul celana kolor saja sebaiknya tambahkan hal yang menarik atau disesuaikan dengan info produk sobat sepertiCelana Pendek Kolor Murah Berkualitas atau Celana kolor kain Lotto Super. Buatlah judul produk yang lengkap dan menarik sehingga akan menarik perhatian calon pembeli untuk melakukan transaksi di Toko anda.

3. Berilah Deskripsi Poduk yang lengkap

Sebenarnya tidak hanya judul produk saja, tetapi yang tak kalah pentingnya adalah di deskripsi produk. Untuk meyakinkan calon pembeli tentang produk anda, berilah deskripsi produk sedetail mungkin misalnya jika anda menjual fashion, maka berilah deskripsi selengkap mungkin tentang produk anda mulai dari Bahan, Ukuran, kegunaan dan yang lainnya mengenai produk yang dijual.
Sebaiknya deskripsi produk diisi minimal 200 kata dengan informasi yang lengkap, unik dan menarik. Pihak Tokopedia pun bahkan sudah memberikan tips ini agar bisa meningkatkan transaksi.
Adapun keuntungan lain lain dari deskripsi yang lengkap dan panjang yaitu :

Akan membantu masalah pencarian produk di form pencarian Tokopedia, sehingga ketika calon pembeli mencari di form pencarian, produk anda akan mudah di temukan.

Akan membantu mengoptimalkan Search Engine Optimization (SEO), produk anda akan mudah di temukan di hasil pencarian google sehingga traffic toko anda akan naik.4. Gunakan Foto yang menarik dan asli 

Ini juga merupakan tips yang penting buat meningkatkan penjualan toko anda, selalu gunakan foto menarik dan asli dari produk anda karena yang sering banyak dilihat oleh calon pembeli adalah foto produk, seringkali kita melihat banyak produk di tokopedia yang memiliki foto yang sama tetapi harganya berbeda, tentunya akan membingungkan calon pembeli, nah kita sebagai penjual yang kreatif selalu gunakanlah foto produk yang diambil sendiri/asli dan menarik sehingga produk kita akan terlihat unik dan akan menjadi daya tarik tersendiri buat calon pembeli.

5. Selalu Buka Toko lebih Awal

Sebagai penjual di Tokopedia kita harus aktif memantau toko kita, bukalah toko anda lebih awal dari yang lain, jika ada konsumen yang terburu-buru untuk membeli produk di pagi hari tentunya akan melirik toko yang lebih awal buka supaya barangnya cepat dikirim. Bayangkan jika status keaktifan toko anda 1 minggu yang lalu atau 2 hari yang lalu akan membuat calon konsumen enggan berbelanja di toko anda. Beda halnya jika status keaktifan toko anda hari ini maka calon pembeli akan melirik meskipun harganya cenderung mahal.

6. Gunakan Fitur Promosi Satu jam sekali

Menurut pengalaman saya berjualan di Tokopedia, dengan menggunakan fitur ini sangat efektif untuk meningkaykan penjualan Toko anda, setelah kita memiliki informasi toko yang jelas, judul yang menarik, deskripsi yang lengkap dan akan lebih mantap lagi kita gunakan fitur promosi gratis tiap satu jam sekali yang disebut "dink it". Tokopedia menyediakan fitur "dink it" atau promosi gratis tiap 60 menit sekali untuk mempromosikan produk anda secara gratis, fitur ini di berikan kepada tiap-tiap masing toko yang ada di Tokopedia. Dengan menggunakan fitur promosi ini produk kita akan tampil di halaman atas hasil pencarian Tokopedia, sehingga berpeluang akan lebih banyak dilihat oleh calon pembeli yang tentunya akan meningkatkan penjualan produk kita.

Selain fitur "dink it" Tokopedia juga menyediakan fitur berbayar yang di sebut "TopAds" dengan harga yang murah. Dengan menggunakan fitur TopAds produk anda bakal di promosikan dan muncul di tempat-tempat yang strategis yang telah di tentukan di Tokopedia.
Biayanya cukup murah hanya Rp.50 per kliknya, akan tetapi untuk mendapatkan fitur ini toko sobat harus berlangganan Gold Merchant terlebih dahulu.

7. Berikan Pelayanan yang cepat dan Tepat

Sebagai penjual kita harus lebih aktif dari pembeli, kita harus bisa memberikan pelayanan yang cepat dan tepat kepada pembeli. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dengan cepat yang diajukan pembeli seperti dalam diskusi produk dan pesan. Selain itu, segeralah proses pesanan dengan cepat dan tepat ketika ada order baru di toko anda dan kirim secepatnya. Pelayanan yang baik dan memuaskan akan berdampak baik pada pembeli, sehingga pembeli akan memberikan nilai reputasi/ rating yang bagus untuk toko anda. Nah rating dan testimonial inilah yang nantinya menjadi senjata Anda agar lebih dipercaya oleh pembeli.

8. Bagikan Produk anda ke Social Media

Salah satu cara untuk meningkatkan prngunjung ke Toko online anda adalah sosial media, jangan lupa untuk membagikan produk anda ke social media seperti facebook, twitter, Google + dll. Karena semakin populernya, sosial media bisa dijadikan alat efektif untuk mendatangkan banyak pengunjung ke toko anda. Jika sudah banyak pengunjung maka peluang terjadinya transaksi di toko anda akan meningkat.

Nah, itulah beberapa Tips Jitu Meningkatkan Penjualan di Tokopedia mudah-mudahan bermanfaat dan semakin menambah semangat bagi para toped yang berjualan di Tokopedia.

Sumber : http://sidikmuflihin.blogspot.co.id/

========================================================================

Mungkin anda juga membutuhkan informasi tentang Cara Sukses Berjualan di Tokopedia; Sukses Sehari di Tokopedia; Sukses Hanya Berjualan di Tokopedia; Cara Sukses Bisnis Online Tokopedia

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Enter Your Comment