6 Kunci Sukses Drama Korea Descendants of the Sun

Kesuksesan.info - Serial drama Korea Descendants of the Sun menjadi salah satu serial drama yang tengah digandrungi.

Banyak penonton dibuat baper atau terbawa perasaan saat menonton aksi Yoo Si Jin (Song Joong Ki) dan Kang Mo-yeon (Song Hye Ko). Di balik kesuksesan Descendants of the Sun, terdapat beberapa hal unik yang berhasil membuat penonton jatuh cinta dengan serial drama Korea ini dan menganggapnya beda dengan serial drama lainnya.


Seperti dibahas dalam Tabloid Bintang Indonesia Edisi 1.295 yang terbit pada tanggal 18 April 2016, ada 6 anomali yang terjadi di Descendants of the Sun yang berhasil membuat serial drama ini istimewa dan berbeda. Apa saja?

1. Kapten Yoo Si Jin Menghapus Stereotipe Karakter Utama Pria

Kapten Yoo Si Jin bukan anak orang kaya, bukan pria superbaik yang sempurna sebagai pasangan, bukan pula cowok berpenampilan trendi. Ia memikat hanya dengan seragam tentara, rambut yang ditata apa adanya, dan sering bermandi keringat. 

Kim Byung Hoo, seorang psikolog Korea, menganalisis, "Tentara yang bekerja di negara yang dilanda bencana alam dan terorisme lebih menarik untuk penonton."

2. Tidak Menonjolkan Cinta Segi Tiga

Meski ada persinggungan antara Dokter Kang Mo Yeon dan Letnan Yoon Myung Ju (diperankan Kim Ji Won), hanya kesalahpahaman, bukan persaingan. Penonton tahu pasti cinta Yoon Myung Ju hanya untuk Sersan So Dae Young (Jin Goo).

Begitu pula dengan Kang Mo Yeon dan Yoo Si Jin, yang meski dilanda berbagai aral, cinta mereka tak pernah pudar. Kedua kisah cinta ini sama-sama pentingnya dalam membangun alur cerita.

3. Bukan Cinta yang Cengeng

K-drama paling jago membuat penonton menangis bombai. Namun Descendants of the Sun mengajak penonton untuk lebih tegar. Beratnya perjuangan cinta Yoon Myung Ju dan So Dae Young yang terhalang restu ayah memilukan hati penonton.

Namun sebagai tentara, mereka berdua menghadapinya dengan tegar dan tenang. Larangan saling mencintai dari sang jenderal dianggap perintah yang pantang ditolak di kehidupan militer. Jika sudah takdir, semua akan indah pada waktunya. Di sini kadang penonton ingin mewek, tapi melihat tokoh di dramanya tegar, batal, deh!

4. Pengalaman Cinta yang Realistis

Karena dibumbui drama dan fantasi, kisah-kisah cinta di drama Korea lebih sering terlihat seperti kisah dongeng yang terlalu sempurna untuk jadi kenyataan. Memang, kesempurnaan sosok Yoo Si Jin dan Kang Mo Yeon sebagai tentara dan dokter--yang ganteng dan cantiknya keterlaluan--sulit ditemukan di dunia nyata.

Namun jika diperhatikan lebih dalam, pengalaman cinta yang mereka jalani cukup realistis. Gagalnya hubungan cinta akibat dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaan sesuatu yang jamak terjadi. Lihatlah bagaimana susahnya Yoo Si Jin dan Kang Mo Yeon kencan tanpa gangguan urusan pekerjaan.

Menonton adegan saat Kang Mo Yeon ditinggal menonton sendirian di bioskop karena Yoo Si Jin tiba-tiba mendapat panggilan tugas darurat pasti membuat banyak cewek baper. Tiba-tiba ingin menjerit, "Gue juga pernaaahhh!"

5. Negeri Fantasi Terasa Nyata

K-drama dikenal dengan pengambilan gambar dan lokasi syuting yang indah. Namun umumnya syuting dilakukan di Korea. Serial Descendants of the Sun membuat terobosan baru dengan mengambil lokasi syuting di Yunani dan menciptakan sebuah negeri fantasi bernama Uruk.

Meski tahu Uruk hanyalah sebuah negeri khayalan, penonton terhanyut, seolah-olah Uruk nyata. Indahnya laut dan pemandangan bebatuan di Uruk membuat banyak penonton ingin sekali berkunjung ke Uruk.

Tingginya minat mengunjungi lokasi syuting Descendants of the Sun di Korea, pemerintah Provinsi Gangwon membangun ulang lokasi syuting Descendants of the Sun di daerah Taebaek. Rumah tinggal orang tua Song Joong Ki di daerah Daejeon kini bak atraksi wisata yang banyak didatangi turis. Selain rumah orang tua Song Joong Ki, turis yang juga mendatangi pohon bernama Yeollimok, tempat favorit aktor idola ini setiap kali mudik.

6. Anggaran Fantastis

Biaya produksi Descendants of the Sun menelan dana 13 miliar won atau setara dengan 141 miliar rupiah. Dana sebesar itu biasanya cukup untuk membuat serial drama kolosal puluhan episode yang syuting di studio alam di Korea.

Namun Descendants of the Sun yang hanya berjumlah 16 episode menghabiskan dana sebesar itu untuk mengemas serial ini menjadi sesuatu yang megah. Bayangkan saja, tim produksi memboyong puluhan pemain dan figuran ke Yunani untuk syuting sebulan.

Belum lagi penggunaan properti-properti mahal seperti helikopter, kendaraan militer, mobil mewah, juga peralatan kedokteran demi membangun latar negara konflik.

Itulah artikel singkat tentang 6 Kunci Sukses Drama Korea Descendants of the Sun semoga bermanfaat.

Sumber: http://www.teen.co.id/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Enter Your Comment