7 Cara Menghilangkan Rasa Cemburu Terhadap Kesuksesan Teman

Pasti kita memiliki seorang sahabat dimana banyak hal lucu dan hal menarik yang lakukan bersama, seperti saling bertukar cerita, dari hal konyol hingga hal tersedih. Sekaligus Anda pasti bangga dan senang memiliki sahabat seperti mereka. Terkadang juga timbul perasaan cemburu terhadap apa yang tidak kita rasakan atau kita miliki. Seperti hubungan barunya, apartemen yang bagus, punya usaha sendiri, pekerjaan baru, tapi itu juga perasaan normal untuk cemburu atau iri terhadap kesuksesan teman Anda.

Dan selama perasaan itu mengikuti, pernahkah Anda merasa iri dan cemburu dengan sahabat atau sampai Anda membandingkan diri sendiri dengan sahabat Anda?

Sebagai psikolog, Nicole Martinez, Psy.D, LCPC, mengatakan, “Ada banyak penyebab kecemburuan. Rendahnya harga diri, rasa tidak nyaman, ketergantungan, menjadi posesif, masalah kepercayaan, merasa seolah-olah Anda tidak cukup baik dan membawa perilaku masa lalu dalam persahabatan Anda saat ini. Pada dasarnya kecemburuan terasa negatif dan mengerikan. Berikut beberapa hal yang dapat membuat Anda menerima kesuksesan sahabat Anda;

1. Akui bahwa Anda cemburu atau iri

Merasa iri atau cemburu baik kepada siapapun itu merupakan hal yang normal. Jadi ketika Anda merasa iri terhadap sahabat Anda, sebaiknya akui saja. Penelitian menemukan bahwa menahan rasa cemburu itu sangat tidak efektif dan bisa meningkatkan frekuensi dari tekanan tersebut.

2. Kebahagiaan mereka tidak menyakiti Anda

Mungkin itu biasa karena terutama kita hidup di dunia yang memang kompetitif. Tapi itu bukanlah batasan untuk merasakan kebahagiaan. Selalu ingatlah ketika memikirkan tentang kemenangan terakhir dari teman Anda, dan ingat bahwa hal itu tidak mempengaruhi kesempatan Anda untuk bahagia.

3. Mencari sumber iri hati Anda

Memang banyak sumber-sumber dari rasa iri atau cemburu, dan tetapi Anda harus mencari tahu penyebabnya. Cari alasan mengapa Anda memiliki perasaan tersebut. 

4.  Menghargai

Mungkin teman Anda baru saja mendapatkan pekerjaan baru, sementara Anda telah berbulan-bulan mengirimkan resume tetapi tidak berhasil. Ketika itu terjadi, itu seperti hidup Anda tidak beruntung dan menyedihkan, sementara oranglain sangat menakjubkan. Hargai apa yang Anda miliki dan hargai apa yang Anda punya yang tidak dimiliki oleh orang lain.

5. Hilangkan stress Anda

Jika Anda tidak menangani kecemburuan atau iri hati Anda dengan baik, bisa jadi Anda akan lelah, stress dan kewalahan. Craig Malkin, Ph.D mengatakan, “Cemburu adalah respon stress yang berarti jika Anda sudah cemas dan kewalahan, Anda akan sangat merasakan itu lebih intens,” ucapnya pada Psychology Today.

6.  Sedikit bersenang-senang 

Jika Anda semakin menutupi diri karena rasa iri Anda akan semakin terbawa perasaan. Perasaan dimana Anda tidak mau lagi bertemu, dan menghindari mereka. Jadi sebaiknya jangan terlalu dibawa perasaan atau dibawa serius. Tetaplah seperti biasanya, bermain dan berkumpul dengan mereka. Mungkin juga mereka bisa membantu Anda dalam kebosanan dan kejenuhan.

7.Jadikan sahabat Anda sebagai inspirasi

Daripada Anda terus memikirkan dan membandingkan diri Anda dengan mereka, atau selalu berpikir negatif, lebih baik anggap sahabat Anda menjadi inspirasi Anda. Jika mereka mendapatkan pekerjaan yang baik mungkin Anda juga bisa. Jika mereka hanya melakukan perjalanan di seluruh dunia, ubah mereka menjadi panutan wisata baru Anda. Berikan mereka ide-ide menarik bukan hanya duduk berdiam diri dan iri.

Demikianlah artikel tentang 7 Cara Menghilangkan Rasa Cemburu Terhadap Kesuksesan Teman. Semoga bermanfaat

Sumber : http://www.jawaban.com/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Enter Your Comment