Tips Sukses Mendapatkan Pekerjaan Bagi Mahasiswa atau Mahasiswi

Inilah Tips Buat Mahasiswa dan Mahasiswi Agar Mudah Dalam Mencari Pekerjaan

Mahasiswa adalah agen perubahan. Sayangnya, kalimat ini lama kelamaan menjadi sebuah kalimat biasa karena mahasiswa kini dirasa belum sepenuhnya siap menjadi agen perubahan bagi masyarakat. Ketidaksiapan mahasiswa ini salah satunya terbentuk dari faktor mahasiswa yang terlalu fokus pada kegiatan akademik dan kurang dilibatkan dalam kenyataan dan permasalahan di lapangan.


Menanggapi fakta ini, beberapa mahasiswa atau mahasiswi yang memiliki kesadaran mencoba untuk keluar dari zona nyaman untuk lebih memahami realita di lapangan dan menghubungkannya dengan ilmu yang didapatkan di bangku kuliah. Berbagai bentuk ‘terjun langsung’ para mahasiswa ini beragam, mulai dari mereka yang turun sebagai aktivis politik, aktivis sosial, atau mereka yang mencoba bekerja paruh waktu sesuai dengan bidang studi masing-masing.

Berbicara mengenai bekerja paruh waktu, tren ini mulai berkembang di kalangan mahasiswa. Kesempatan kerja yang lebih fleksibel mulai banyak ditawarkan oleh berbagai organisasi terutama bisnis start upkepada para mahasiswa dan mahasiswi untuk merasakan (replika) dunia kerja. Mereka diberi tanggung jawab untuk mengerjakan pekerjaan tertentu sesuai dengan keahlian dan kemampuan masing-masing serta dituntut untuk bisa membagi waktu agar kuliah dan bekerja tidak saling menjatuhkan.

Mendapatkan pekerjaan paruh waktu pun relatif mudah karena bidang pekerjaan yang ditawarkan saat ini pun beragam, mulai dari menjadi penyiar radio, guru les privat, fotografer, hingga pekerja lepas sebagai seorang penulis artikel. Nah, bagi Anda mahasiswa maupun mahasiswi yang berminat untuk memiliki pekerjaan paruh waktu, ada beberapa tips buat mahasiswa/wi agar mudah dalam mencari pekerjaan yang bisa Anda implementasikan untuk lebih mudah dalam mencari dan mendapatkan pekerjaan. Berikut ulasannya.

  • Manfaatkan internet. Berbagai situs start up yang bisa membantu Anda mendapatkan pekerjaan paruh waktu sudah cukup banyak, mulai dari situs yang hanya menyediakan lowongan pekerjaan di wilayah Indonesia saja hingga situs yang menawarkan pekerjaan dari user di seluruh dunia. Hal ini sangat membantu Anda untuk menghemat waktu, tenaga, serta biaya dalam menemukan klien yang membutuhkan kemampuan dan keterampilan bekerja Anda dalam bidang tertentu.
  • Gunakan media sosial Anda seperti Facebook dan Twitter untuk mencari pekerjaan paruh waktu karena di zaman ini sudah banyak perusahaan dan berbagai organisasi bisnis yang menggunakan media sosial sebagai salah satu media yang mempermudah komunikasi pihak organisasi dengan masyarakat. Lewat media sosial, Anda bisa mencari dan melakukan kontak dengan berbagai organisasi dan melamar pekerjaan paruh waktu yang sesuai dengan kemampuan Anda.
  • Selain menggunakan media sosial untuk kontak, mempromosikan lebih dulu kemampuan dan keterampilan Anda di media sosial juga bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin lebih dipermudah ketika ingin mendapatkan pekerjaan paruh waktu. Hal ini menunjukkan apa yang bisa Anda lakukan dan hasil kemampuan Anda tersebut tak lain merupakan portofolio yang Anda tunjukkan secara bebas. Organisasi maupun perusahaan akan lebih tertarik dengan hasil pekerjaan yang sudah pernah Anda kerjakan dan selesaikan.

Tips Buat Mahasiswa dan Mahasiswi Agar Mudah Dalam Mencari Pekerjaan
Itulah ulasan singkat dari beberapa tips buat mahasiswa/wi agar mudah dalam mencari pekerjaan. Selain melatih diri untuk menghadapi dunia kerja setelah lulus kuliah, keuntungan yang paling sering menjadi motivasi utama para mahasiswa dan mahasiswi pekerja paruh waktu ini adalah adanya honorarium. Masih berpikir bahwa bekerja paruh waktu tidak memiliki manfaat yang besar?


Sumber : http://www.hrd-forum.com/tips-sukses-cari-kerja-buat-mahasiswi-mahasiswa/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Enter Your Comment