Sukses Membuat Alat Berat (Tandem Roller) dari Barang Bekas

Pernahkah anda melihat jalan rusak berlubang depan rumah anda? sebagian besar orang yang melihat jalanan umum rusak dan berlubang, bukannya diperbaiki malah mengeluhnya ke pemerintah. Itu hanya gambarang umum, saya kira anda tidak seperti itu. Perlu adanya kesadaran diri seperti yang telah dilakukan Pak Sariman dalam kisahnya ini.

Pak Sariman telah Sukses Menciptakan Alat Berat (Tandem Roller) dari Barang Bekas. Ini bermula ketika ia melihat jalan berlubang di depan rumahnya hendak ia perbaiki. Berawal dari situ, ia mencoba mengumpulkan barang-barang bekas untuk dijadikan bahan untuk merakit alat berat (Tandem Roller). Dengan modal hobi yang gemar mengotak atik alat-alat mekanik. Berbagai mesin bekas, mulai kompresor bekas pompa angin, mesin pompa air, rotary traktor hingga keran dan pipa plastik dirancangnya menjadi Tandem Roller. Padahal kalau kita lihat latar belakang dari pak Sariman, dia tidak lulus sekolah dasar. Tetapi karena semangatnya yang besar hingga ia terus bekerja mewujudkan impiannya. 

Awalnya ia bersama-sama temannya, tetapi karena temannya itu mulai tidak yakin akhirnya dia cukup bertahan dua hari saja selanjutnya dikerjakan oleh Pak Sariman sendirian. Pada saat pembuatannya sering kali pak Sariman menemui kegagalan namun karena banyak menerima masukan dari orang-orang di sekitarnya akhirnya ia mampu merakit sedikit demi sedikit alat beratnya.

Gambaran Umum Tandem Roller Buatan Pak Sariman

Pada bagian roda menggunakan pipa Pertamina yang dibelinya di toko loak. Pada bagian roda ini, terlihat pelek mobil yang ditambahi plat untuk mencengkeram pipa besi. Mulanya ingin menggunakan drum tetapi karena hasilnya tidak bagus jadi ia menggunakan pipa besi. Tak hanya itu, setir kemudi dan pedal pun menggunakan bekas kendaraan yang sama. Selain bagian kemudi, untuk menyalakan mesin silinder, serupa dengan menyalakan mesin kompresor. Untuk membentuk body Tandem Roller ini, Sariman membelah plat bekas generator dan menutupi beberapa bagian alat yang diciptakannya. 

Tandem Roller Buatan Pak Sariman

Alat berat buatan Pak Sariman ini masih tergolong boros dalam penggunaan bahan bakar. Ini dikarenakan masih menggunakan Premium. Butuh empat liter bensin untuk penggunaan selama empat jam. "Mungkin kalau menggunakan solar akan lebih irit lagi. Ini akan dirancang dikemudian hari". kata Pak Sariman

Meskipun begitu, alat berat buatan pak Sariman ini sudah ada yang nawarin dengan harga 15 Juta rupiah. Tetapi pak Sariman belum bisa melepaskan hasil karyanya ini karena mungkin masih akan dikembangkan lebih canggih lagi.

Demikian artikel tentang "Sukses Menciptakan Alat Berat (Tandem Roller) dari Barang Bekas". Semoga bisa menjadi Inspirasi bagi kita semua. Salam Sukses...!!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Enter Your Comment