Kisah Sukses Peternak Bebek Petelur | Usaha Telur Sukses Membawa Berkah

Kisah Sukses Peternak Bebek Petelur  - Bailah kali ini kita akan belajar dari pengalaman bisnis Soemardji. Bapak Soemardji adalah seorang peternak bebek petelur yang sukses di Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Usaha peternakan bebek petelur ini sudah ia lakoni sejak 1998 hingga sekarang. Buah dari hasil ternaknya ini sudah mencapai omzet ratusan juta rupiah.

Usaha Telur yang Sukses dan Penuh Berkah

Awalnya ia hanya bermodalkan 50 ekor bebek petelur. Dari ke 50 ekor tersebut ia mencoba beternak bebek namun hasilnya tidak seperti yang ia harapkan. Bebek miliknya mati semua akibat wabah penyakit yang menyerangnya. Namun, usahanya tidak sampai disitu, kembali lagi ia membeli bibit bebek petelur, tapi kali ini ia menyortir bebek yang kualitasnya bagus dan rentang terkenah wabah penyakit. Ia juga belajar dari beberapa sumber tetang cara beternak bebek petelur yang baik dan benar.


Dari situlah usaha bebek petelurnya mulai berkembang pesat. Kini Pak Marji sudah memiliki sekitar 12.000 ekor. Bisa kita hitung-hitung pendapatan Pak Marji jika tiap hari kira-kira sepuluh ribuan bebeknya bertelur dengan harga telur perbutirnya 1500. Misalnya 10.000 ekor bebek bertelur dikalikan harga telur sama dengan Rp. 15.000.000 perharinya. Bagaimana kalau dikalikan satu bulan atau 30 hari. Maka hasilnya perbulan adalah Rp. 450.000.000. Jika kita keluarkan Operational dan Gaji karyawan yang kira-kira perharinya Rp.5.000.000 Artinya, pendapatan bersih dari peternak bebek petelur ini selama satu bulan sekitar Rp. 300.000.000,- wow...!!

Sebenarnya bukan cuman itu, masih ada pendapatan lain yang bisa menambah pundi-pundi penghasilan pak Marji yaitu pendapatan dari menjual kotoran bebek untuk dijadikan pupuk dan juga pendapatan dari penjualan bebek afkir yaitu bebek jantan atau bebek betina yang sudah tua dan tidak produktif lagi untuk menghasilkan telur.

Dari pengalaman Pak Marji bisa kita coba mengingat pemasaran telur bebek juga tidak susah. Masyarakat banyak membutuhkan telur, Anda juga bisa memasarkannya di toko, warung makan, minimarket dan supermarket besar yang kekurangan stok telur bebek.

Sekedar Masukan dari Saya

Jika anda berminat merintis usaha peternakan bebek petelur. Untuk modal investasi awal memang cukup besar. Jika belum punya modal, Anda dapat mengajukan kredit perbankan di sekitar anda dengan bunga yang ringan. 

Perlu diperhatikan sistem budidaya yang intensif dan profesional. Mulai dari kandang, sanitasi, formulasi pakan, hingga penyediaan bibit indukan yang unggul harus diperhatikan. Kedisiplinan dalam pemberian pakan juga mutlak dan jangan sampai terabaikan karena itu sangat menentukan produksi bebek petelur.

Sekian artikel "Kisah Sukses Peternak Bebek Petelur". Semoga bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses...!!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar

Enter Your Comment