7 Cara Memastikan Kesuksesan Bisnis di Masa Depan

Banyak pebisnis atau entrepreneur sukses yang ingin terus eksis di masa depan. Namun sebenarnya tidak segampang membalikkan telapak tangan. Bagi mereka yang mengetahuinya mungkin sudah merasa gampang tetapi bagi pebisnis yang belum mengetahui cara ini dan hanya mengandalkan modal pas pasan akan merasa kesulitan dalam menghadapi persingan ataupun keluhan dari konsumen mereka. 

Image via indotrading.com

Untuk memastikan kesuksesan bisnis di masa depan ada 7 cara yang bisa anda terapkan dalam menata bisnis anda kedepannya.

1. Mengidentifaikasi Konsumen Anda

Mungkin anda sudah pernah mendengar kata-kata ini "Pembeli atau Konsumen adalah Raja". Artinya anda harus memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggang atau konsumen anda. Konsumen merupakan bagian penting dari bisnis anda. Kebanyakan entrepreneur yang sukses saat ini lebih berorientasi kepada konsumen. Anda harus mengidentifikasi gambaran khusus tentang tipe konsumen yang akan dilayani. Sehingga nantinya pelayanan anda akan lebih nyaman dan percaya diri dalam menghadapi complain. 

2. Berbicara dengan Konsumen

Setelah melakukan Indentifikasi terhadap konsumen anda. Anda jangan lagi mengada-ngada tentang produk atau jasa yang mereka inginkan. Mencoba berbicara dengan konsumen, tentang produk atau jasa yang sebenarnya mereka inginkan. Dari situ anda akan mengetahui secara langsung apa yang mereka inginkan.

3. Biarkan Konsumen menentukan Bisnis Anda

Mungkin anda bertanya mengapa mesti konsumen yang akan menentukan bisnis anda? Perlu anda ketahui kalau masukan atau ide dari konsumen terhadap perusahaan sangat mempengaruhi bisnis anda. Jika masukan dari konsumen di kumpulkan sebelum bisnis anda di bangun maka akan memudahkan anda dalam memanage seperti apa pelayanan yang seharusnya diterapkan. Jadi biarkanlah konsumen Anda yang akan menentukan kerangka bisnis dan layanan apa saja yang harus dipersiapkan.

4. Lakukan Prapenjualan kepada Konsumen

Sebaiknya Anda mengidentifikasi berapa banyak biaya yang harus diberikan pada produk atau solusi yang ditawarkan. Ingatlah kalau konsumen adalah bagian dari bisnis anda, konsumen bisa berperan sebagai marketing genius.  Anda bisa menanyakannya secara langsung kepada mereka "Jika kami menawarkan produk atau jasa seperti ini di pasaran, seberapa banyak dari mereka yang akan membayar untuk solusi tersebut?"

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah minta kepada mereka untuk membayarnya di muka. Lakukanlah prapenjualan dengan cara seperti ini kepada mereka (Konsumen). Hal ini dilakukan sebagai upaya market testing sekaligus kampanye branding sebelum perusahaan anda benar-benar berdiri.

5. Setelah mendapatkan cukup Modal, Luncurkanlah bisnis Anda

Setelah melakukan prapenjualan, gunakanlah keuntungan yang Anda dapatkan sebagai modal bisnis sebagai langkah awal. Di poin ini, Anda harus siap untuk mengambil tindakan dan mendirikan bisnis. Dengan menggunakan keuntungan prapenjualan sebagai modal bisnis, juga akan mengurangi risiko jika tidak memiliki modal untuk memulai bisnis. Jika cara 1 sampai ke 5 ini sudah dilakukan maka anda sudah bisa mendapatkan basis konsumen yang kuat. Selain itu, Anda juga sudah bisa memastikan bahwa produk atau jasa yang akan dijual benar-benar yang mereka butuhkan.

6. Memeriksa kembali produk yang kurang berkontribusi dan biarkan konsumen menanggapinya.

Selain itu yang harus anda dilakukan setelah membuat perusahaan yang Anda dirikan tetap stabil ialah mengidentifikasi kembali produk yang kurang memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perusahaan. Biarkanlah konsumen anda memberikan ide mengenai perbaikan produk tersebut. Dengan begitu, Anda akan bisa menyempurnakan produk dengan tepat ketimbang harus menerka-nerka keinginan konsumen.

7. Ukurlah pencapaian Bisnis Anda

Cara terakhir adalah waktu yang tepat untuk mengukur seberapa jauh pencapaian bisnis Anda. cara terbaik yang bisa Anda lakukan terhadap bisnis Anda adalah dengan berinvestasi melalui pemasaran, mempertimbangkan hubungan afiliasi dengan perusahaan lain, dan join ventures.

Demikianlah artikel 7 Cara Memastikan Kesuksesan Bisnis di Masa Depan. Semoga bermanfaat bagi anda semua. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Enter Your Comment