6 Cara Orang Tua Membuat Anaknya Meraih Kesuksesan

Sudah menjadi keharusan bagi semua orang tua agar mendidik anaknya menjadi orang yang sukses. Tidak ada orang tua yang menginginkan anaknya menjadi gagal meniti masa depannya, semua orang tua menginginkan anaknya sukses kelak. Mendapatkan apa yang anaknya inginkan dan menikmati hidup yang serba ada. Itulah yang orang tua inginkan dari anaknya. Namun itu semua, tidak lepas dari perang orang tua membesarkan anaknya. Berikut ini ada enam cara yang bisa anda lakukan untuk mendidik anak menjadi orang yang sukses.

1. Menjaga agar keluarga tetap Harmonis


Anak yang dibesarkan dalam suasana konflik yang kuat cenderung akan menghadapi masa depan yang sulit. Itu sebabnya, banyak orangtua bertahan mati-matian untuk keutuhan keluarga meskipun sebenarnya rusak di dalam. Karena semua akan mempengaruhi anak. Keluarga harmonis akan meminimalkan tingkat stres anak. Ada beberapa tips untuk menciptakan keluarga yang harmonis dan menjaganya tetap utuh.
  1. Saling bersikap jujur dan terbuka terhadap pasangan 
  2. Saling berusaha menciptakan suasana yang menyenangkan dalam keluarga 
  3. Hindari sikap emosional dan egois dalam menghadapi masalah keluarga 
  4. Membuat komitmen jangka panjang dengan pasangan 
  5. Mengutamakan kebersamaan dalam keluarga 
  6. Bijak dan tegas dalam menghadapi masalah serta selalu memegang teguh ajaran agama 
  7. Tidak membawa masalah dari luar ke dalam rumah tangga 
  8. Berikan perhatian penuh pada anak dan masa depannya 
  9. Biasakan gaya hidup yang sehat dalam keluarga 
  10. Memilih lokasi tempat tinggal yang baik untuk keluarga 
  11. Menjalin silaturahmi dengan keluarga pasangan secara baik 
  12. Perhatikan lingkungan sekitar dan bersosialisasilah dengan baik
Anda bisa menerapkan tips-tips di atas untuk menjaga agar keluarga tetap harmonis.


2. Mengajarkan Arti Pendidikan 

Pendidikan sangat penting untuk bekal anak menuju masa depannya. Orang tua yang mengajarkan anaknya tentang arti pendidikan sejak dini akan membentuk karakter anak. Pendidikan adalah kebutuhan pokok manusia yang akan mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Perkembangan itu akan membawanya menuju ke suksuksesan.

3. Diajarkan memiliki ekspektasi tinggi


Orangtua yang memiliki ekspekstasi tinggi cenderung akan mengarahkan anaknya agar bisa mencapai tujuannya. Itu sebabnya, anak harus diberi target pencapaian dalam mengerjakan sesuatu. Contohnya saja dalam pencapaian prestasi di sekolahnya anda memberikan target harus masuk peringkat 10 besar jika ingin mendapatkan hadiah misalnya sepeda. Tentunya dengan memberikan target yang seperti itu anak akan merasa punya tanggung jawab yang harus dipenuhi untuk mendapatkan apa yang ia inginkan. Tetapi target itu juga harus terukur dan sesuai perkembangan usianya. Anak yang tidak biasa dibebani target akan tumbuh menjadi anak tanpa tujuan.

4. Mengajarkan arti kegagalan

Mengajarkan arti kegagalan pada anak adalah salah satu hal penting yang harus diajarkan para orangtua kepada buah hatinya. Meskipun semua orang menginginkan kesuksesan dalam hidupnya, namun kita semua tahu hal itu tidak bisa diraih dengan mudah. Anda mungkin sudah sering mendengar cerita dari orang-orang sukses bahwa mereka pernah melewati begitu banyak rintangan, halangan, hambatan dan kegagalan sebelum akhirnya bisa menjadi orang yang sukses.


5. Mangajarkan Kemampuan Sosial yang Baik


Perkembangan sosial merupakan pencapaian kematangan dalam hubungan sosial anak usia dini. Dapat juga diartikan sebagai proses belajar untuk menyesuaikan diri terhadap norma-norma kelompok, moral, dan tradisi; meleburkan diri menjadi suatu kesatuan yang saling berkomunikasi dan bekerja sama. Sebuah penelitian di Pennsylvania menyebutkan bahwa anak yang punya kemampuan sosial baik saat masih TK berpotensi lebih sukses saat sang anak dewasa kelak.

6. Mengerjakan PR 


PR (Pekerjaan Rumah) menjadi latihan bagi anak agar ia selalu bersikap penuh tanggungjawab. Orang yang bertanggungjawab adalah bagian dari orang-orang yang sukses. Oleh karena itu, orang tua harus mendorong anaknya agar jangan lupa mengerjakan PR yang diberikan oleh gurunya.

Itulah artikel tentang "6 Cara Orang Tua Membuat Anaknya Meraih Kesuksesan". Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar

Enter Your Comment