Siswa SD Sukses Ciptakan Robot dan Juara I Olimpiade Robocup Singapore Open 2015

Prestasi Anak Indonesia juga patut dibanggakan dan diacungi jempol kini, kembali di torehkan oleh Siswa SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya dengan Sukses Ciptakan Robot serta Juara I Olimpiade Robocup Singapore Open 2015, Sebelumnya saya pernah menuliskan artikel tentang "Kisah Sukses Anak SD Temukan Aplikasi Tas Anti Maling Berbasis Android" ini berasal dari Sekolah yang sama.

Tidak hanya kesuksesannya membuat robot namun mereka juga mampu menjuarai Olimpiade Robotika yang bertajuk Robucup Singapore Open 2015. Setelah menyingkirkan pesaingnya dari negara seperti Singapore, Korea Selatan, dan Cina. Suatu kebanggaan bagi bangsa Indonesia karena mempunyai generasi yang mampu bersaing di kanca International. Kesuksesan mereka tidak lepas dari kerja keras yang dibangun dalam satu team yang disebut team robot.

image via m.tempo.co
Robot yang mereka temukan berukuran sangat kecil namun mempunyai banyak kelebihan dan keunikan tersendiri yakni mampu melintasi halangan dan rintangan di depannya dengan menggunakan sistem sensor. Selain itu, juga mampu memindahkan barang dari suatu tempat ke tempat yang lain tanpa bantuan manusia melalui perintah dari program komputer yang sudah di setting lewat program sebelumnya. Tingkat kesulitan dalam pembuatan robot ini adalah saat pemograman dan sensor motorik robot yang harus diteliti lebih mendalam. 

Kisah sukses di atas bisa memberikan motivasi kepada anak-anak kita agar mereka juga bisa berkarya atau berinovasi seperti yang sudah ditunjukkan oleh anak-anak SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya. Jangan mau kalah dengan anak-anak dari sekolah lain. Untuk menjadikan anak sukses di meraih cita-citanya, orang tua juga sangat berperan penting dalam membimbing dan mendorong anak-anaknya menjadi anak yang berprestasi dan kreatif. Dengan kreatifitas anak akan tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang mandiri, kreatif, suka bertanya, rasa ingin tahu (curiositas) yang tinggi dan suka berimajinasi sehingga akan menghadirkan generasi yang bisa mengantarkan Indonesia menjadi negara yang maju dan mampu bersaing di dunia Internasional. Itu hanya sekedar masukan dari saya pribadi. 

Demikianlah artikel yang berjudul "Siswa SD Sukses Ciptakan Robot dan Juara I Olimpiade Robocup Singapore Open 2015". Semoga artikel ini bisa menjadi bahan inspirasi bagi anak-anak kita. Terima kasih dan salam sukses...!!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Enter Your Comment