Pengusaha Sukses Terkaya Nomor 1 di Indonesia

Ada banyak pengusaha sukses yang terlahir di negeri ini. Namun, disini tidak bisa saya rangkum semua. Oleh karena itu, dua orang di antara mereka yang bersaudara mampu menduduki peringkat pertama terkaya di Indonesia versi majalah Forbes yaitu Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono. Keduanya adalah anak dari keluarga Pendiri Djarum, Oei Wie Gwan. Menurut sumber yang saya baca kekayaan mereka sudah mencapai 170 Tryliun. Jika dulu orang terkaya di Indonesia yang anda kenal adalah Sadono Salim, kini telah lahir nama baru yang mungkin kedua orang ini jarang terdengar di telinga anda, jika memang begitu mari kita simak kisah sukses mereka.
Robert Budi Hartono
Michael Hartono
Kisah sukses kedua bersaudara ini dimulai dari kota kecil Kudus. Pada 1951, Oei Wie Gwan membeli perusahaan rokok kretek kecil bernama Djarum Gramophon. Lalu Oei mengubah namanya menjadi Djarum. Oei memasarkan kretek dengan merek Djarum, dan ternyata sukses sampai sekarang ini. Mereka terus melebarkan sayap bisnisnya dengan membuka usaha baru di bidang property, perbankan, agrobisnis dan sekarang sudah merambah ke usaha elektronik dan bisnis online.

Dalam bidang Property di bawah  bendera Group Djarum mereka sudah sukses membangun kerajaan bisnisnya antara lain Fajar Surya Perkasa sukses membangun Mall Daan Mogot di Jakarta, Nagaraja Lestari sukses membangun Pusat Grosir dan Perbelanjaan di Pulogadung Trade Center di Jakarta, dan melalui perusahaan Inti Karya Bumi Indah, Group Djarum sukses membangun WTC Mangga Dua dan sebuah Masterpeace. Tidak cuman itu dalam bidang property ini mereka juga sukses membangun mega proyek seperti apartemen, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan dan hotel yang nilai investasinya mencapai 1,3 Trilyun.

Di Bidang Perbankan mereka sukses membeli saham BCA (Bank Central Asia) sebesar 51% ketika itu mereka masuk ke dalam Konsorsium Faralon Invesment Limited (FIL). Sedangkan pengembangan bisnis di dunia Agrobisnis Hartono bersaudara mendirikan Hartono Plantations Indonesia yang mengelolah perkebunan kelapa sawit, dan membeli sebuah produsen palm dan coconut oil untuk produksi shampo bernama Oleochemical.

Di dunia Elektronik mereka mendirikan Hartono Istana Teknology dengan produk yang sangat terkenal saat ini yaitu Polytron. Selain itu mereka juga melirik Bisnis Online yang sangat marak belakangan ini dengan mendirikan Global Digital Prime Venture yang berhasil mengambil alih pengelolaan Kaskus yang merupakan salah satu komunitas Online terbesar di Indonesia.

Itulah beberapa kerajaan bisnis dari keluarga Hartono yang mengantarkan namanya menjadi orang terkaya no. 1 di Indonesia versi Forbes.com. Sumber: orangterkayaindonesia.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Enter Your Comment