Pelajaran Penting dari Kisah Sukses Bob Sadino Membangun Kerajaan Bisnisnya

Bob Sadino adalah pengusaha sukses yang terkenal di Indonesia. Beliau dikenal dengan kepribadian yang sederhana. Ciri khas tersendiri dari Bob Sadino adalah  penampilannya yang selalu memakai pakaian kemeja lengan pendek kancing terbuka di atas dan celana pendek jeans. Baginya pakaian adalah kepribadian. Soal tudingan bahwa celana pendek simbol tidak menghargai orang lain, itu hanyalah mindset kebanyakan orang yang menilainya. Beliau selalu mempertahankan penampilannya yang seperti itu sejak dulu sampai akhir khayatnya. Dari kesederhanaan yang ditunjukkan om Bob membuat dirinya cepat terkenal di masyarakat luas. Itu adalah hal yang sangat penting dalam membangun bisnis, ketika sudah terkenal maka dengan sendirinya mempermudah prospek bisnis ke depannya.

(Pengusaha Terkenal Bob Sadino Photo : Kompas/Arbain Rambey)

Selain kesederhanaannya ia dikenal juga dengan pengusaha nyentrik dan banyak memberikan inspirasi kepada masyarakat khususnya pemuda-pemuda indonesia. Beliau selalu mendorong para kaum muda untuk menjadi seorang pengusaha (Entrepreneur) ketimbang menjadi seorang karyawan.

Om bob juga pernah merasakan bekerja disuatu perusahaan sewaktu ia masih di Belanda. Dia bekerja di perusahaan pelayaran nasional Djakarta Lylod yang memiliki kantor di kota Amsterdam, Belanda, dan Hamburg, Jerman. Tidak lama disitu, om Bob pun kembali ke Indonesia pada tahun 1967 dengan membawa keluarganya. Selain itu, ia juga membawa dua mobilnya Mercedes tahun 1960an. Bob juga mengakui alasan ia pulang ke Indonesia lantaran tekadnya yang tidak ingin lagi menjadi karyawan perusahaan. Sesampainya di Indonesia ia pun memikirkan bagaimana caranya memulai bisnisnya. Akhirnya ia menjual salah satu mobil Mercedes miliknya dan membeli sejumlah lahan di daerah Kemang, Jakarta. Kemudian mobil yang satunya ia manfaatkan menjadi ladang usaha dengan menyewakannya. Menariknya yang menjadi supirnya adalah dirinya sendiri. Namun kejadian nahas menimpa dirinya, mobil kesayangannya itu mengalami kecelakan, alhasil menimbulkan kerusakan yang cukup parah. Sayangnya ia mempunyai uang yang cukup untuk memperbaiki mobilnya. 

Bob Sadino Merangkak menjadi Tukang Batu

Hilangnya salah satu sumber penghasilannya memaksa Bob untuk menjadi tukang batu atau kuli bangunan dengan upah Rp100. Masa itu merupakan masa terkelam dalam kehidupannya. Bahkan ia sempat depresi karena merasa tidak kuat menghadapi beratnya ujian hidup. Namun, ia tetap bertahan menghadapi pahit getirnya kehidupan. Sampai ia bertemu dengan salah satu temannya yang menyarankan dirinya untuk beternak ayam demi melawan rasa depresi. Disitulah om Bob mengambil inisiatip dan cepat mengambil peluang itu.

Titik Balik Bob Sadino bangkit dari Keterpurukan

Akhirnya mulai dari situ om Bob mulai beternak Ayam. Sambil beternak ia pun banyak terinspirasi dari kehidupan ayam-ayamnya yang berjuang melawan pahit getirnya hidup ia jadikan panutan dalam hidupnya untuk bangkit kembali dari keterpurukan.

Setelah telur ayamnya mulai banyak dan dipasarkan ke masyarakat akhirnya ia kebanjiran pelanggang. Banyak pelanggangnya yang datang dari dalam maupun dari luar negeri atau orang asing. Mulailah ia menginjakkan kakinya ke tumpuan kesuksesan dengan membangun Supermarket Kem Chicks yang khusus melayani orang asing, karena memang ia mahir berbahasa asing. Setelah sukses membesut Kem Chicks, Bob mulai merambah ranah bisnis lainnya yakni agribisnis, khususnya holtikultura. Bisnis yang mengelola hasil perkebunan sayur mayur itu ia bernama Kem Foods. Dengan kedua usahanya itu menghantarkan ia menjadi entrepreneur sukses.

Bob Sadino membeberkan kunci suksesnya yaitu kegigihan. Ia selalu percaya bahwa kesuksesan itu berawal dari kegagalan. Oleh karena itu, ia selalu berkomitmen untuk terus menjaga kemauan, komitmen, berani mencari dan terus mencari peluang. Menurutnya keberhasilan yang telah diraihnya tidak lepas dari minimnya pengetahuan yang dimilikinya. Dengan ketidaktahuannya itu, Bob sering melakukan manuver terjun langsung ke lapangan dan mengalami kegagalan. Namun, lewat kegagalan itulah ia belajar dan menjadi pribadi yang tangguh serta tahan banting. Menurutnya, banyak orang yang memulai dari ilmu, berpikir dan bertindak serba canggih namun arogan.

Pelajaran Penting dari Artikel ini:

  • Jangan melihat orang dari luarnya, tetapi kenali apa yang ada di dalam dirinya.
  • Kesederhanaan adalah senjata untuk merangkul lebih banyak teman atau relasi.
  • Kegagalan adalah tumpuan pertama untuk meraih kesuksesan, jangan pernah takut gagal
Semoga apa yang disampaikan dalam artikel ini bisa bermanfaat bagi anda. Salam Sukses...!!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Enter Your Comment