Kunci Sukses Menghadapi Tes Bahasa Inggris

Pelajaran bahasa inggris sebenarnya sangat menyenangkan tetapi seringkali menyulitkan banyak orang dalam mengerjakannya. Sudah banyak orang yang sukses menguasai bahasa inggris karena bahasa inggris adalah bahasa dunia di negara mana saja lebih dominan menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pemersatu atau bahasa umum.


Sekarang ini, keterampilan berbahasa Inggris bukan menjadi hal yang asing lagi dikalangan masyarakat. Dari mulai anak-anak hingga orang dewasa, menjadikan bahasa Inggris sebagai tolak ukur dalam pencapaian keberhasilan atau kesuksesan.

Tes bahasa Inggris yang sering kali dilakukan semisal, TOEIC, TOEFL maupun IELTS kerap digunakan sebagai indikator yang mengukur kompetensi seseorang baik dalam dunia kerja maupun pendidikan. Jadi dengan nilai tertentu, seseorang mampu dikatakan lulus dan layak untuk menempati suatu posisi tertentu. Lalu bagaimana kiat sukses dalam menghadapinya? Ada beberapa hal yang patut dilakukan sebelum menghadapi tes, seperti:
  1. Motivasi diri merupakan unsur penting dalam kesuksesan dalam berbahasa inggris ataupun mengerjakan tugas bahasa inggris.
  2. Rencanakan dan atur jadwal belajar secara teratur. Ini juga sangat penting demi menjaga kedisiplinan waktu yang akan kita gunakan dalam belajar.
  3. Tetapkan target yang terukur dan dapat dicapai. Menentukan target dalam mencapai suatu kesuksesan merupakan dorongan tersendiri yang bisa memicu semangat untuk belajar.
  4. Relaksasikan diri. Dengan relaksasi kita bisa melepaskan ketegangan dan mengembalikan keseimbangan baik pikiran maupun tubuh. Teknik relaksasi sangat penting dalam mengelola stres.
  5. Review materi secara komprehensif. Seringkali mengulang materi yang sudah diajarkan agar pelajaran tersebut tidak mudah hilang dalam pikiran kita.
  6. Dengarkan musik. Selain dapat mengusir ketegangan, musik juga membantu untuk menambah kosakata. 
  7. Gunakan bahasa target dalam keseharian. Hal ini berdampak positif sebagai pembiasaan diri.
  8. Banyak Membaca. Jadikan membaca sebagai latihan dini pra mengikuti tes. Pilihlah bacaan yang sederhana dari mulai artikel, buku, majalah dan lain sebagainya.
  9. Menulislah. Rangkum intisari bacaan ke dalam sebuah tulisan. Hal ini dapat melatih kecakapan berbahasa tertulis, baik dalam pemilihan kosakata dan struktur kalimat.
  10. Percaya diri. Dalam mengerjakan tes haruslah percaya diri agar tidak menimbulkan ketegangan.
Itulah 10 Kunci Sukses dalam menghadapi Tes Bahasa Inggris. Semoga bermanfaat...!!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Enter Your Comment