Kisah Sukses Seorang OB | Sukses Meraup Ratusan Juta Rupiah

Jika sekilas membaca judul artikel ini pasti hati kecil bertanya Bagaimana mungkin seorang OB bisa mendapatkan gaji ratusan juta rupiah? Biar gak bikin penasaran pemirsa mari kita simak cerita lengkapnya berikut ini.

Rifai Slamet adalah salah seorang OB di salah satu perusahaan property (Oris Property). Tiap hari ia bekerja seperti kebanyakan OB lainnya yaitu membersikan kantor, membuat minuman untuk staf dan atasan sampai disuruh suruh untuk membeli ini itu. Tetapi Slamet gak pernah lengah dengan pekerjaannya itu ia terus saja bersabar dan menjalaninya.
Rifai Slamet via liputan6.com
Disuatu hari ketika sedang istirahat ada seorang staff Oris Property menawarkan untuk memasang listing di situs property online rumahdijual.com. Rifai merasa tak ada salahnya untuk mencoba sesuatu yang baru dan memanfaatkan kesempatan ini karena situs tersebut juga tak mengenakan biaya keanggotaan. Namun prosespun berjalan seiring waktu, salah satu kendala yang dihadapi oleh rifai adalah ia tidak memiliki pengetahuan tentang komputer dan internet jadi ia terpaksa meluangkan waktu untuk belajar menggunakan komputer. Beruntung, orang-orang di sekelilingnya tak keberatan membantunya.
“Saya itu tidak pernah kuliah, jadi sama sekali tidak tahu soal komputer. Kalau internet, saya cuma bisa main Facebook. Itu juga lewat HP (handphone),” ujarnya sembari tertawa.

“Saya akhirnya bisa (menggunakan komputer dan memanfaatkan internet) karena saya diajari oleh rekan-rekan saya di sini. Juga oleh Pak Omar, atasan saya. Tanpa mereka, saya tidak akan tahu apa-apa. Kalau sekarang sih, saya sudah jago,” ia menambahkan, masih sambil tertawa kecil. kutipan via liputan6.com
Setelah iklannya terpasang di web jual beli properti online (rumahdijual.com), dia mengaku tak terlalu memikirkannya. Ia kembali menekuni pekerjaannya seperti biasa sebagai seorang OB. Jika ada kesempatan ia kembali memasang iklan. Sampai pada suatu ketika, saat sedang sibuk dengan pekerjaan, ponselnya berbunyi. Orang yang menelpon tersebut mengaku tertarik dengan rumah yang dijualnya. Sebagai OB, dia mengaku tak terbiasa berbicara dengan calon konsumen. Namun ia tahu bahwa ini adalah saatnya belajar. Ia pun memberanikan diri dan berusaha menjawab semua pertanyaan sebisa mungkin. Setelah pembicaraan via telpon akhirnya keduanya pun sepakat untuk bertemu. Lagi-lagi ia mendapat pelajaran baru. Karena tak terbiasa bertemu dengan pembeli kelas atas, ia meminta sang atasan untuk menemaninya. Dari situlah ia mendapatkan pelajaran berbicara dengan calon pembeli dan teknik berjualan.

Rifai tidak menyangka kalau calon pembelinya itu benar-benar tertarik ingin memiliki rumah seharga 4 Miliar itu yang terletak di kawasan Cipete, Jakarta Selatan. Kesepakatan pun tercapai dan transaksi terjadi. Komisi pertama sebagai agen properti masuk ke kantongnya sebesar Rp 40 juta. Sungguh nilai yang sangat besar bagi seorang OB. Melihat hasil yang menggiurkan, puluhan kali lipat dari gajinya sebagai OB, Rifai pun terpacu untuk belajar lebih banyak dan terus mendalami bidang properti. Motivasi juga datang dari bosnya yang selalu mendukung untuk terus maju. Pundi-pundi komisi yang terkumpul dialokasikan untuk membeli kendaraan berupa sepeda motor dan perlengkapan penunjang kegiatan broker. Padahal sebelumnya pria ini mengaku belum memiliki kendaraan pribadi. Ya...namanya juga ketibang rezeki.

Mulai saat itu Rifai sudah mulai menata kehidupannya. Berbagai rencana pun ia susun, menurutnya ditahun ini ia berencana membeli sebuah hunian sederhana agar tak lagi tinggal di rumah kontrakan. Meski perekonomian meningkat perlahan, ia tetap menjaga kepribadian yang rendah hati dan terus bersyukur, serta tak lupa diri dengan orang-orang hebat yang telah mendukungnya.

Kunci Kesuksesan Rifai dalam Bisnis Online Property
  1. Menguasai produk yang ia jual. Mengerti detail produk itu sangat wajib. Sehingga saat konsumen bertanya, bisa menjelaskan tanpa mengada-ada.
  2. Datang lebih awal saat ia mau bertemu dengan konsumen. Jangan biarkan konsumen mendongkol untuk menununggu, ini akan menimbulkan ketidak yakinan para calon pembeli.
  3. Menjaga sopan santun. Jangan sampai klien merasa tidak nyaman dengan sikap kita. 
  4. Terus bersabar dan pantang menyerah. Memang tidak mudah mendapatkan pembeli langsung karena ada banyak proses yang cukup panjang. Makanya harus banyak bersabar, terus maju dan tidak cepat menyerah.
  5. Update info terbaru ke calon pembeli yang pernah tertarik dengan produk kita
Itulah 5 kunci kesuksesan Rifai dalam bisnis online property yang ia lakoni sejak tahun 2015 lalu. Kini Rifai sudah menjadi agen spesialis area Cipete. Dan pada Januari 2016 ini ia sudah mengantongi komisi 100 jutaan dari bisnisnya ini. 

Semoga kisah Rifai Slamet, OB yang sukses beralih profesi menjadi broker, dapat menginspirasi Anda untuk terus menekuni pekerjaan yang dijalani. Karena siapa pun takkan pernah tahu, kapan kesempatan dan rejeki datang kepada Anda. Sumber: Fathia via liputan6.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Enter Your Comment