Kisah Sukses Perjalanan Hidup Orang Terkaya di Dunia Bill Gates

Tahukah anda siapa orang terkaya di dunia? Pada tahun 2015 yang lalu Majalah Forbes kembali merilis 10 orang terkaya di dunia dan salah satunya yang akan kita bahas ini. Orang yang paling terkaya di dunia versi majalah Forbes 2015 adalah Bill Gates (Microsoft) yang mencapai lebih dari Rp1000 Triliun atau sekitar $79.2 Miliar Dollar. Dia menduduki peringkat pertama dari ke 10-orang terkaya di dunia tersebut. Selanjutnya Carlos Slim Helu US$77,1 (Phones and construction in Mexico), Warren Buffet US$72,7 (Investor), Amancio Ortega US$64,5(Pemilik merek busana Zara), Larry Ellison US$54,3(Pemilik perusahaan teknologi Oracle), Charles Koch US$ 42,9 (Pelaku industri), David Koch US$ 42,9 (Pelaku industri), Christy Walton US$ 41,7 (Pemilik retail Walmart), Jim Walton US$ 40,6 (Pemilik retail Walmart), dan Liliane Bettencourt US$ 40,1(Pemilik kosmetik L'Oreal). Namun, diantara ke 10 orang terkaya tersebut di atas kita akan membahas yang pertama yaitu Bill Gates.

Image via Google.com
Di sini kita akan membahas bagaimana perjalanan hidup seorang Bill Gates penemu Microsoft. Beliau tidak hanya kaya raya namun dia juga adalah orang yang cerdas dari kecil sampai sekarang ini. Bill Gates adalah anak kedua dari tiga bersaudara, dia lahir pada tanggal 28 Okt 1955 di Seattle Washinton. Ayahnya William Henry Gates adalah seorang pengacara perusahaan yang terkenal di Amerika. Sedangkan ibunya Mary Maxwell seorang pegawai First Interstate Bank, Pacific Northwest Bell dan anggota Tingkat Nasional United Way.

Bill Gates Waktu Pertama Mengenal Komputer

Dengan memiliki kecerdasan di atas rata-rata dan mempunyai semangat yang tinggi, selalu ingin menciptakan sesuatu yang baru sehingga kadang dia merasa kesulitan di Sekolah. Pada akhirnya orang tuanya memutuskan untuk membuat perubahan pada dirinya sehingga mengirim Bill Gates ke sebuah sekolah bergengsi khusus laki-laki waktu itu. Sekolah itu bernama Lakaside School, dari situ dia dan temannya diperkenalkan dengan Dunia Komputer. Dengan cepat dia sudah menguasai BASIC atau bahasa pemograman dimana pada saat itu dia banyak belajar dengan para hecker dan banyak menulis tentang pemograman. Bill Gates juga banyak melakukan eksperimen tentang pelajaran yang ia sudah pelajari. Setelah lulus dari Lakeside School pada 1973, Gates berkuliah di Harvard. Meski pada awalnya dia mendaftar di jurusan hukum, namun Gates langsung mengubah pilihan jurusan menjadi matematika dan ilmu komputer.

Bill Gates Drop Out dari Harvard University 

Setelah Bill Gates melanjutkan pendidikannya di sebuah universitas terkenal yaitu Harvard University di Cambridge. Disitu dia ketemu kembali dengan teman lamanya Paul Allen. Bersama rekannya itu dia mengembangan ilmunya yang berbasis di bidang pemograman komputer. Untuk lebih fokus kepada pekerjaannya yang saat itu dia mulai membangun Microsoft Corporation. Dua tahun kuliah di Harvard, Bill Gates memutuskan keluar dari kampusnya (Drop Out) demi sebuah impian. Memang dia mempunyai tekad yang kuat untuk membangun sebuah perusahaan besar. Di samping itu, dibarengi dengan kerja keras yang tak pantang menyerah membawa perusahaan Microsoft Corporation melambung pesat. Mulai dari situlah microsoft mulai dikenal di dunia. Keberhasilan Bill Gates bersama temannya Paul Allen membuat perubahan besar terhadap dunia. Dan sekaligus juga mengantarkan Bill Getes sebagai orang terkaya di Dunia.

Gates pernah menempati peringkat pertama pada daftar Forbes 400 sejak 1993 hingga 2007 dan peringkat satu pada daftar The World’s Richest People Forbes sejak 1995 hingga 2007 dan 2009. Pada 1999, kekayaan Gates pernah melewati angka $101 miliar, akibatnya media menyebutnya sebagai “centibillionaire”. Seperti dikutip dari http://aribowo.net/.

Bill Gates dikenal sebagai orang yang Dermawan

Setelah mencapai kesuksesannya menjadi seorang Miliarder. Saat ini, Bill Gates sudah pensiun dari management Microsoft. Dia memilih fokus pada urusan kemanusiaan di yayasan Bill & Melinda Gates Foundation yang mereka dirikan bersama sama Istrinya sejak tahun 2000 silam.

Sampai tahun 2007, total sumbangan yang diberikan Bill & Melinda Gates Foundation telah mencapai USD 28 miliar. Yayasan ini dianggap salah satu yang paling banyak menyumbangkan uang untuk kegiatan kemanusiaan.

Bill Gates sendiri dilaporkan telah memberikan persentase besar dari hartanya untuk aktivitas filantropi, sebesar 48%. Dia bergabung dengan dermawan kaya lain yang juga punya jejak sama, seperti Andrew Carnegie dan Warren Buffet.

Manfaat yang bisa kita ambil dari kisah di atas

1. Usaha yang dibarengi dengan kerja keras akan selalu berbuah manis. Walaupun kebanyakan orang gagal namun perlu kita ketahui kalau kegagalan itu merupakan tumpuan awal kesuksesan yang sebenarnya.

2. Jika kita sudah mencapai puncak kesuksesan jangan lupa kita menoleh ke bawah. Begitu banyak orang-orang yang mengulurkan tangannya mengharap bantuan dari orang-orang yang sudah cukup dan mapan.

Semoga artikel "Kisah Sukses Perjalanan Hidup Orang Terkaya di Dunia Bill Gates" ini bisa dijadikan motivasi atau inspirasi buat kita semua. Salam sukses untuk kita semua. Salam sukses...!!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar

Enter Your Comment