Kisah Sukses Pengusaha Kue | Berawal dari sebuah Hobi menghasilkan Omzet Puluhan Juta Rupiah

Bisnis Kue saat ini sangat menjanjikan, tidak cuman membidik pasar offline tetapi pasar online juga sangat ramai dikunjungi oleh para pelanggang. Seperti halnya yang sudah dilakukan oleh Ir. Anastasia Novita yang akrab disapa Vita adalah pengusaha kue yang sukses! Sarjana lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) ini memulai usaha rumahan membuat aneka kue ketika berhenti bekerja dari sebuah perusahaan pada 2004 silam. Awalnya ia bingung apa yang mau dikerjakan, karena terbiasa sibuk ketika di kantor. Akhirnya, Vita menyalurkan hobi lamanya untuk mengisi waktu dengan membuat beragam kue.

Dengan mencoba promosi dari rumah ke rumah, menyajikannya ketika ada kerabat atau temannya yang datang kerumahnya. Juga menjadikannya ole-ole ketika berkunjung ke rumah tetangga dan setelah itu dia meminta pendapat kerabat maupun tetangganya tentang kue buatannya itu. Akhirnya dia mendapat tanggapan positif dari rekan-rekannya. Awal dari situ dia lebih yakin ingin berbisnis Kue sambil menyalurkan hobinya dari dulu membuat aneka kue.

Mulailah dia merintis usaha pembuatan kuenya dengan dibantu oleh teman dan kerabatnya. Beragam ide yang muncul hingga pada akhirnya Bisnisnya itu diberi nama DAPUR VITA. Kue-kue buatannya banyak dipasarkan di media online. Kue buatannya dikemas dalam beberapa aneka kue dengan model yang beragam sehingga sangat menarik pelanggang untuk membelinya. Ciri khas dari produk kuenya di buat dalam Edible Image atau Kue Bergambar.

Sreenshoot dari Blog Vita edible-photo.blogspot.co.id
Vita juga membuat Toko Online dengan Judul Blognya http://dapurnyavita.blogspot.co.id/. Lewat Blog tersebut pesanan dari dalam dan luar daerah dapat terpenuhi. Walau tidak memiliki toko secara fisik, pesanannya tidak kalah banyaknya dengan toko seperti yang biasa kita lihat dipinggir jalan, malahan ia sampai kewalahan karena pesanan datang pula dari luar Jabotabek.

Jika ada orderan dari luar kota, misalnya Pontianak, biasanya saya merekomendasikan mantan teman kursus bikin kuenya yang tinggal di Pontianak untuk memenuhi permintaan tersebut. Bagi-bagi rezekilah, kan semua rezeki udah ada yang ngatur dan saya tidak pernah merasa tersaingi malahan menjadikan mereka itu sebagai mitra,” ujar Vita 

Bisnis Kue ini sudah menghasilkan Omzet puluhan juta rupiah perbulannya. Menurut Vita, industri kue-kue ini sangat menjanjikan. Pesanan tidak hanya datang untuk acara ulang tahun saja, banyak acara lain yang umumnya menjadikan kue sebagai kudapannya. Misalnya acara syukuran kelahiran, kenaikan kelas, pernikahan maupun sebagai sarana kampanye parpol. Malah, biasanya, untuk memenuhi permintaan event-event seperti itu Vita kelabakan melayani pemesanan karena belum adanya perekrutan karyawan untuk membantu usahanya tersebut. Alasan vita tidak merekrut karyawan untuk usahanya itu karena tidak adanya SDM yang mampu diandalkan untuk mengurus usahanya tersebut.

Usaha ini dibangun dengan modal yang sangat minim. Vita hanya menggunakan 500ribu modal awal untuk dibelikan peralatan saja karena dalam usaha ini dia tidak membangun Toko ataupun menyewa karyawan. Salah satu toko untuk media pemasaran hanya blog itupun Gratisan. Tetapi kita lihat sekarang usahanya ini sudah memberikan omzet puluhan juta rupiah dengan modal seadanya.

Vita juga sering tampil menjadi bintang tamu di acara-acara TV Nasional. Jika pekerjaan yang dikerjakan dengan hati yang tulus dan dibarengi dengan kerja keras yakin saja bisnis yang kita jalankan akan membuahkan hasil yang manis. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Enter Your Comment