Kisah Sukses Pendiri Google | Sukses dari Sebuah Ide Sederhana

Google boleh dikata 99% orang di dunia tahu tentang situs ini. Situs nomer satu di dunia sebagai mesin telusur, mesin pencari atau lebih dikenal dengan Search Engine. Google mendapat ranking pertama di Alexa rank. Alexa Rank adalah sebuah peringkat yang diberikan kepada sebuah blog atau website berdasarkan banyaknya traffic atau pengunjung, penghitungan ini dilakukan oleh Alexa.com. Peringkat ini dihitung dari terbesar sampai yang terkecil, jadi semakin kecil alexa rank maka semakin populer blog atau website tersebut. Google adalah menduduki peringkat pertama rangkin Alexa saat artikel ini di terbitkan. Jadi kesimpulannya situs terpopuler di dunia saat ini adalah Google.com.

Pernahkah anda berfikir, siapa dibalik kesuksesan berdirinya perusahaan besar Google.Inc sampai terkenal dimata dunia. Berikut ini adalah orang yang mengantarkan Google menjadi perusahaan besar di dunia.

Biodata Pendiri Google
Image from : eweek.com
Nama: Lawrence (Larry) Page Lahir: Lansing, Michigan, AS, 26 Maret 1973
Status: Pendiri dan menjabat sebagai Presiden Produk-produk Google.Inc
Kekayaan bersih: 18,5 miliar dollar AS (2007), nomor lima terkaya di AS bersama Sergey berdasarkan majalah Forbes, Maret 2007

Image from: cnet.com
Nama: Sergey Brin Lahir: Moskwa, Rusia, 21 Agustus 1973. Pada 1979 keluarganya bermigrasi ke Maryland, AS
Sekolah: SD, SMP di Paint Branch Montessori School, Adelphi, Maryland. SMA di Eleanor Roosevelt, gelar master dari University of Maryland, bidang matematika. Dia mendapat beasiswa dari National Science Foundation untuk belajar di Stanford University, bidang komputer.

kedua orang itulah di atas yang bekerja keras memperjuangkan berdirinya google yang kita kenal sekarang ini.

Google Lahir dari sebuah Ide Sederhana

Banyak kisah menarik dari awal berdirinya google sampai menjadi sebuah perusahaan besar. Larry dan Sergey Brin mengawalinya dari sebuah ide sederhana, yaitu bagaimana membantu banyak orang untuk mempermudah mencari informasi dari Internet. Sebelum project ini di namakan Google sebelumnya bernama Googol tetapi karena sudah terlanjur didaftarkan sebagai nama domain mereka, maka nama google adalah nama yang resmi digunakan sampai sekarang.

Dengan usaha dan kerja keras berangkat dari apa yang mereka yakini, sebelumnya mulailah mereka bekerja dengan mengumpulkan komputer-komputer bekas untuk memenuhi kebutuhan servernya karena pada saat itu, mereka kekurangan modal untuk membeli server yang besar untuk menampung file atau data yang dikelolah mesin pencarinya.

Setelah project ini selesai digarapnya dan sudah bisa digunakan, sukses tidak langsung menghampiri mereka. Butuh waktu kurang lebih 2 tahun baru kemudian ditemukannya system periklanan baru dalam mesin pencarian mereka, Google mulai menghasilkan banyak uang ke pundi-pundi mereka lewat pemasangan Iklan oleh para pelaku bisnis. 

Padahal pertamanya google pernah ditawarkan ke Altavista namun di tolak, juga pernah ditawarkan ke Yahoo namun di tolak juga. Pada akhirnya sekarang Google menjadi penyuplay data terbesar ke Yahoo untuk menyediakan data kedalam mesin pencarian mereka.

Kunci Sukses dari Keberhasilan Larry dan Sergey Brin Mendirikan Google.Inc

Dibalik kesuksesan seseorang pastilah ada rahasia yang mereka miliki, namun disini kita akan mengetahui apa rahasia sukses yang dimiliki sehingga mampu mengantarkan google menjadi perusahaan terkenal di mata Dunia.

1. Kekuatan dari Kesederhanaan.

Coba anda lihat web www.google.com bukankah anda melihat suatu kesederhanaan, tidak banyak memiliki pernak pernik. Dari kesederhanaan ini membuat orang tidak cepat bosan ketika melihatnya. Menurut mereka web yang memiliki kesederhanaan adalah hal yang disukai para pemakai internet. Dan, keberhasilan google tidak lepas dari filosofi itu, menghadirkan web yang bukan saja memudahkan untuk mencari informasi, namun juga menyenangkan banyak orang.

2. Niat,  Keyakinan, Kerja Keras dan Ketulusan

Mereka  rela mengorbankan kuliahnya di Stanford University untuk mengembangkan google. Sebuah niat mulia dalam mewujudkan apa yang mereka yakini benar dan dilandasi kerja keras serta integritas tinggi, maka ia akan menghasilkan sesuatu yang istemewa dan bermanfaat. Google yang mereka dirikan terbukti telah membantu banyak orang untuk mendapatkan apa saja dari internet. Kini, mereka pun mendapat imbalan yang terus mengalir, meski mereka tidak melakukan apa-apa. Kesuksesan sejati memang akan terasa saat kita berbagi.

3. Tidak pernah melupakan Jasa orang yang membantunya mewujudkan mimpinya.

Jika ada orang yang membantu dalam kesuksesan kita maka jangan pernah melupakannya. Seperti yang dilakukan oleh Larry dan Segrey. Mereka sangat memperhatikan orang orang yang membantunya dalam membangun perusahaannya. Oleh karena itu, Mereka sangat menjamin kesejahteraan SDM di Gooleplex (kantor google). Gooleplex dinobatkan sebagai tempat bekerja terbaik di Amerika tahun 2007 oleh majalah fortune. Di sana suasananya sangat kekeluargaan, ada makanan pun sering dibagikan, ada tempat perawatan bagi bayi ibu muda, bahkan sampai kursi pijat elktronik pun tersedia. Mereka sadar, di balik sukses inovasi yang dilakukan google, ada banyak doktor matematika dan lulusan terbaik dari berbagai universitas yang membantu mereka.

Demikian cerita singkat tentang berdirinya Google.Inc. Semoga kita bisa mengambil manfaat dari tulisan ini. Salam Sukses.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Enter Your Comment