Kisah Sukses Budidaya Jamur | Sukses Menjadi Pengusaha Jamur Merang

Jika ada kemauan usaha apapun dan dimana pun pasti akan terlaksana. Kemauan akan mendorong anda untuk memulai usaha atau bisnis. Itulah yang diterapkan oleh Mintarya seorang pengusaha Jamur Merang yang sukses di Cianjur. 
Image via dakwatuna.com

Bagaimana Mintarya Memulai Bisnis Budidaya Jamur Merang?

Awal memulai usahanya ini hanya sekedar mencoba dan pada akhirnya menjadi ketagihan membudidayakan jamur merang. Usaha budidaya jamur yang awalnya dicoba di halaman rumahnya dengan ukuran lahan 1 x 2 m. Produksi awal memang tidak banyak karena Mintarya ingin melihat prospek bisnisnya kedepan. Setelah melakukan pemasaran di lingkungan sekitar, ia mendapat respon positif banyak permintaan dari masyarakat. Itulah ia beranggapan kalau prospek kedepan untuk usaha budidaya jamur merang sangat bagus. Di samping itu, proses produksinya juga lebih mudah, harga terjangkau, dan rasanya yang banyak digemari oleh pelanggang.

Tips Sukses Budidaya Jamur

Mintarya mengaku mendapatkan ilmu budidaya jamur ini dari pengalaman dan belajar secara otodidak. Dia sering membaca literatur soal jamur di toko-toko buku untuk mengetahui seluk beluk pembudidayaannya. Dia juga sering jalan-jalan keluar kota untuk melakukan study banding dengan pengusaha jamur lainnya. Dengan bekal ilmu yang dimilikinya proses budidaya jamur akan lebih mudah ia jalankan.

Menurutnya, faktor lokasi atau kendala lainnya bukan menjadi sebuah alasan untuk tidak memulai usaha budidaya jamur. Cukup mempelajari ilmunya dan belajar tentang perkembangan teknologi pertanian yang lebih modern hambatan apa pun pasti bisa dilalui.

Lagi pula bahan baku produksi mudah diperoleh seperti serbuk gergaji diperoleh lantaran sebagian orang menganggap serbuk gergaji adalah limbah. Itu bisa kita manfaatkan dengan baik.

Pengembangan Usaha Budidaya Jamur Mintarya

Setelah jalan dua tahun produksinya pun semakin meningkat, seiring dengan itu ia ingin menambah lahan budidaya jamurnya. Dengan memberanikan diri ia meminjam tambahan modal usaha kepada bank pemerintah dengan tujuan peningkatan jumlah produksi jamur merang miliknya. Dari modal itu ia kemudian membuka lahan dengan ukuran 6×12 meter sehingga kapasitas produksi usaha jamurnya bahkan mencapai 50 kilogram (kg) untuk jamur kering maupun jamur segar per harinya. Alhasil mampu membukukan omzet antara Rp20 juta-Rp30 juta per bulan. Kini usahanya kian maju, aset usaha jamur milik Mintarya telah tembus ke angka ratusan juta rupiah. Salut...buat Mintarya!!

Kita bisa belajar banyak tentang cerita kesuksesan Mintarya dalam bisnis budidaya jamur merang. Tunggu apalagi mulai dari sekarang...!! kalau ada keinginan pasti ada jalan. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Enter Your Comment