Ibu Rumah Tangga Sukses Budidaya Jamur Tiram dengan Omzet 10 Juta Per Bulan

Jamur tiram selain rasanya lezat dan mengenyangkan perut juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Jarum tiram mengandung banyak gizi dan protein yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Ada banyak manfaat jamur tiram seperti dibawah ini:

1. Dapat mengendalikan Kolestrol
2. Meningkatkan Imunitas Tubuh
3. Membantu radikal bebas
4. Asupan Nutrisi bagi Ibu Hamil
5. Sumber Protein dan masih banyak yang lainnya

Beberapa manfaat di atas dapat disimpulkan kalau Jamur Tiram itu banyak dibutuhkan di masyarakat. Inilah yang menarik perhatian oleh Ibu Atie untuk membudidayakan Jamur Tiram.


Dengan berbekal pengalaman dan pengetahuan dari pelatihan Budidaya Jamur yang pernah ia jalani di Jawa Timur. Ibu Atie membentuk semacam kelompok bisnis yang beranggotakan 12 orang termasuk Atie sendiri. Kelompok bisnis ini di beri nama Sengalang Hapakat. Mulai dari situ mereka berinovasi membangun bisnis budidaya jamur dengan membuat baglog dan kumbung sendiri. Kumbung adalah bangunan kecil berukuran kira-kira 3 x 4 meter dan di dalamnya tersusun rapi baglog atau wadah berbahan plasantontik berbentuk slinder yang disalah satu ujungnya diberi lubang. Dari lubang itulah tempat tumbuhnya jamur tiram yang dibudidayakan.

Perlahan tapi pasti setelah berjalan satu tahun merekapun sudah mendapatkan hasil dari jeri payahnya yang mereka bangun selama satu tahun. Pada saat itu mereka mampu mengumpulkan uang dari hasil budidaya jamur sebesar 127 juta rupiah. Uang tersebut mereka bagi rata dan mendapatkan 10 juta per orangnya.

Sejak itu mereka sudah mempunyai kumbung sendiri-sendiri. Atie terus mengembangkan bisnis budidaya jamur tiram hingga saat ini ia sudah memiliki 2000 Baglog dan menghasilkan 4 ton jamur tiram per enam bulan sekali. Atie tidak pernah merasa kesulitan dalam pemasaran jamurnya. Ia selalu memasarkannya di pasar atau pun di swalayan. Tidak cuman penghasilan dari hasil panen jamurnya tetapi ia juga menjual baglog kepada orang yang ingin memulai bisnis budidaya jamur ini. Dan sekarang ini Atie sudah mengantongi omzet kurang lebih 10 juta per bulannya.

Jamur Tiram (Sumber Photo : manfaatbanget.com)

Artikel ini bisa menjadi inspirasi buat para ibu rumah tangga yang ingin menjalankan bisnis budidaya jamur. Semoga bermanfaat ...!! 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Enter Your Comment